Rabu, 23 Juni 2010

Haji Beras, Haji Tahu, Haji Tempe..

Assalamualaikum

judul di atas tidak ada maksud sama sekali untuk mempermainkan agama. Hanya ingin meminjam istilah "Haji".

Mungkin kelen pernah dengar tebak tebakan kayak gini :
"Apa yang kalo udah turun gak bisa naik lagi ?(jawabannya hujan, karena yang ada kan turun hujan, mana ada naik hujan)"

sekarang "Apa yang kalo udah naik gak bisa turun lagi ?(Jawabannya haji, karena yang ada kan naik haji, mana ada turun haji)"

Jadi, aku cuman minjem istilah “haji” itu aja untuk nunjukin sesuatu yang udah naik tapi gak bias turun lagi. Sama seperti bahan kebutuhan yang udah aku sebut di atas tadi. Beras, tahu,

tempe

(lebih tepatnya sih kedele, karena harga tahu ,

tempe

naik

kan

gara gara harga kedele naik. Jadi lebih cocok kalo dibilang haji kedele), minyak goreng, sekarang ini

kan

harganya lagi naik gila gilaan. Sama kayak banyaknya orang yang mau naik haji,

kan

gila gilaan tuh jumlahnya.

Sekalinya harga tu bahan udah naek, wih…. Sangat sulit sekali bias turun. Paling banter juga bertahan terus di harga itu.

Ini fakta yang aku dapat dari ibu ku :

Beras, yang kualitas biasa sekarang harganya 6300 rupiah sekilo

Kacang kedele, yang dulu kata ibuku kacang yang gak mau dibeli orang, dulu harganya cuman 3500 rupiah sekilo, sekarang harganya 7000 – 8000 rupiah sekilo.

Minyak goreng, masih anteng di posisi luar biasa yang bahkan katanya harganya 12000 sekilo. Wuih…. Busset..

Kenapa harga harga bahan kebutuhan itu naek, mana lah ku tahu. Kalo ditelusuri pun paling jawabannya emang udah naek dari sononya. Sekarang kita perlu cari tau, siapa yang ada di “sono” itu. Hee…

Lantas, siapa yang bisa nurunin harga bahan bahan itu, mana ku tau juga. Pemerintah aja gak bisa. Hanya Tuhan yang mampu…

Mungkin sebaiknya pemerintah bikin sayembara untuk nurunin harga harga tu barang.

“Barangsiapa yang bisa nurunkan harga barang kebutuhan pokok, kalo dia laki laki maka akan diberikan separuh dari APBN dan akan dinikahkan dengan ….. (dengan siapa yah tereserah pemerintah la). Tapi kalau dia perempuan, maka akan dijadikan menteri Negara urusan dapur dan akan dijadikan anak angkat presiden (presiden kan gak punya anak perempuan). Sory pak es be ye. Becanda aja pak.

Kalo harga nya kayak gini terus, mungkin suatu saat orang kayak kita ini gak akan bisa lagi makan nasi ama tempe goreng. Padahal dulu makanan kayak gitu kan makanan yang biasa dimakan ama orang kalangan menengah ke bawah. Sekarang mungkin cuman orang – orang kaya aja yang bisa makan makanan itu.

Kalo sekedar lucu lucuan, mungkin nanti di Kentaki fred ciken menu utamanya bukan lagi ayam goreng, tapi tempe goreng kali ya. Kalo gitu namanya di ganti la. Kentaki fred tempe.

Yang paling sakit kan kalo ternyata ada pejabat pemerintah yang bilang kayak gini :” kita ini kan bangsa yang kreatif. Dulu juga kita biasa makan yang laen dari nasi. Kita punya jagung, ubi, sagu yang bisa dijadikan makanan pokok. Dulu para orang tua kita juga biasa makan ubi, sagu, hasilnya kita bisa juga nya merdeka dari penjajah. Selain itu, nasi aking juga bisa kok dijadikan makanan alternatif”

Wiuh… padahal, tu pejabat bisa ngomong kayak gitu kan gara gara dia masih sanggup makan nasi atau beli beras. Padahal dia juga sebenernya gak pengen kan makan ubi, jagung atau sagu. Apalagi nasi aking.

Padahal dulu, mungkin juga kan kakek – nenek kita waktu jaman penjajahan Belanda(jepang) yang rela makan ubi, mikir nya kayak gini :

“ aduh, sakit kali bah makan ubi kayak gini, sementara belanda (jepang) bajingan itu enak enak makan keju. Ni gara gara penjajah bajingan itu. Tapi gak papalah, pokoknya kita harus merdeka, biar nanti anak cucuku gak tersiksa lagi makan ubi kayak gini, biar mereka nanti bisa enak makan nasi”.

Nah mungkin kan? Padahal kenyataanya, anak cucu si kakek itu (kita) akhirnya juga terpaksa makan ubi lagi, padahal jaman udah merdeka.

Lagian, kalo dulu kenapa si kakek kuat makan ubi karena mereka punya satu tujuan mulia, ngelawan penjajah untuk memerdekakan negara ini. Kalo mati pun, pastinya syahid, iya kan?

Nah kita ini,sekarang apa ? siapa yang mau di lawan? Kalo ngelawan pemerintah, matinya belum tentu syahid, konyol mungkin.. Mana kuat makan ubi di jaman sekarang.

Masak mau nguasai komputer energinya dari ubi? Jaman hi tech gini? Mana kuat..

Jadi intinya apa sih yang sebenarnya mau ko bilang, San? Ntah, aku pun lupa. Hee..

Sebenernya aku nulis kayak gini karena my lovely mom di rumah ngeluh karena tingginya harga bahan kebutuhan. Mengingat beliau seorang single parent, jadi ya beliau ngeluhnya ya sama kami anaknya. Dan aku yakin, ibu – ibu kelen di rumah juga ngeluh kayak gitu kan. Kalau para ibu ngeluh, pasti ngomong juga ke para bapak. Jadi otomatis ini jadi nambah beban berat bagi kedua orang tua kita.

Jadi, kita sebagai seorang anak yang berbakti, sudah selayaknya ikut ngebantu ngeringankan beban orang tua kita.

Untuk ngeringankan beban ayah kita, sebaiknya kita berusaha untuk mencari uang jajan sendiri, dari jalan yang halal pastinya. Jangan minta sesuatu yang ngeberatin orang tua kita, misalnya minta dibeliin monas. Jangan ngabisin duit yang dikasi ortu untuk beli hal hal yang sebenarnya gak penting amat, malah kadang gak berguna.

Untuk ngeringankan beban ibu kita, sebaiknya kita bantu ibu kita masak di dapur, bantu nyuci piring, gelas, sendok, panci de el el.

Setidaknya itu semua bakal ngurangin beban mereka yang mikirin kebutuhan hidup yang terus meningkat. Mereka bakal bisa lebih bijaksana dan lebih cerdas dalam mengelola keuangan keluarga, untuk memenuhi semua kebutuhan hidup kita.

Satu lagi yang pasti, karena kita kebanyakan statusnya masih sebagai pelajar/mahasiswa, beban orang tua kita pasti akan terasa lebih ringan kalo kita punya prestasi yang baik di sekolahan. Gak harus tinggi – tinggi kali prestasinya, yang penting tidak jelek, jadi mereka yakin bahwa anaknya pinter dan punya bekal untuk menghadapi hidup. Juga bisa mengamalkan ilmu yang didapet di sekolahan dalam hidup. Itu pasti bisa otomatis ngurangin berat nya beban pikiran orang tua kita.

Yang penting, bantu mereka aja, supaya biarpun beban mereka berat, mereka gak bakal putus harapan. Mereka bakal yakin kalo suatu saat di masa yang akan datang, kehidupan bakal jauh lebih baik dari sekarang. Karena mereka punya kita, anak anaknya, anak yang baik, sopan, patuh dan taat sama mereka, soleh dan soleha, cerdas dan pinter, yang nanti suatu saat bakal jadi pengatur di negara ini, dan bakal bisa buat negara ini dan kehidupan di depan jadi lebih baik.

Kalo pake istilah iklan susu, “hilang satu kekhawatiran” Hehehehe….

Itu aja sih, sory kalo berbelit belit n kepanjangan.

O iya, satu lagi aku lupa. Biarpun ada tulisan ini, aku gak peduli kalo kelen tetap gak peduli soal haji beras dkk ini, atau kelen nganggep gak penting karena kelen masih bisa makan nasi biarpun harganya selangit, tapi buatku, n buat kelen jg kalo mau langsung ngerasain efeknya,,, aku minta tolong ….

Bibik di warkoppp…. toolong jangan naikin harga nasi campur di warkop ya. Jangan sampai aku cuman bisa makan indomie rebus aja di warkop itu ntar…

Plis….

Hehehe,

Udah ah , capek

wassalam
25/01/2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar