Selasa, 22 Juni 2010

Aku dan kampusku

oke deh. kita mulai

sekarang, aku mau cerita tentang kampusku. tepatnya lagi jurusan tempat aku kuliah.

saat ini, mulai dari agustus 2003 hingga sekarang, aku kuliah di Universitas Negeri terbaik di Sumatera Utara (cuma di situ yang aku berani bilang) yaitu Universitas Sumatera Utara (USU). kalo di chatting, aku sering bilang NSU biar keren dikit en disangka National Singapore University, padahal aslinya kan North Sumatera University.

Lebih tepatnya lagi, aku kuliah di Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik USU program sarjana S1.

di sini, benar - bnar kerasa kerasnya sebagai anak teknik. sebenarnya sih bukan keras untuk fisik seperti di ipdn, tetapi keras di mental.

gimana enggak, kalo di jurusan lain (selain fak teknik lah ya) kita dituntun dengan baik sedemikian rupa sehingga kita bisa tamat tepat waktu atau 4 tahun untuk anak s1.

Tapi di sini, wuih jangan harap. Kapan kita mau tamat ya terserah kita, yang penting enggak lebih dari 6 tahun, karena kalo lebih kita di do (drop out).

buktinya, aku aja baru bisa kerja praktek di semester 8 (padahal itu jadwalnya bikin tugas akhir lho). en itu berlaku untuk kami semua satu angkatan, sama halnya dengan senior kami.

selain itu, dosennya untuk giliran mau kape atau te a, wow …..

bener - bener ngelatih mental kita dan siasat kita untuk bisa sukses bimbingan dengan mereka. walaupun hasilnya yah biasa aja.

terus, sistem yang ada di dalam pun belum beres, mulai dari sistem perkuliahan, masuk laboratorium (praktikum), wah benar benar ngelatih mental baja lah… Padahal kuliahnya ngomongin cara ngerancang sistem melulu, tapi sistem yang ada di dirinya aja belum bener.

lanjutannya lagi, di dalamnya ada beberapa pihak petinggi departemen (dosen dan seterusnya ke atas) yang gak kompak, jadi keliatan banget departemen kami itu gak kompak. ada kelompok kelompok.

repotnya lagi, kelompok2 itu kagak mau akur, walhasil kamilah para mahasiswa yang jadi korban di dalamnya, terjebak di antara dua belah pihak yang gak akur.

kadang aku berpikir…

heran apa sih salahnya kami mahasiswa ini?

kami cuman pengen kuliah dengan baik nya.. kami kan bayar es pe pe sama dengan jurusan lainnya, tapi kenapa kami diperlakukan berbeda?

kenapa kami harus kesulitan di tengah masalah yang bukan dari kami?

tapi juga, aku gak nyesel milih jurusan ini. Ilmunya banyak banget di jurusan ini ,kalo emang bener bener menekuninya dan kagak ambil pusing dengan sistem di luarnya.

Pemikirannya di jurusan ini juga unik, seolah ada ciri khas tertentu buat anak teknik industri. Filosopi, cara berpikir, sikap dan Sifat anak teknik industri (yang sebenarnya) juga unik. "dan aku harus dapat itu"

tapi di balik kerasnya kuliah kayak gitu, aku berpikir lagi…

aku gak sendiri…

ada sekitar 400 mahasiswa yang nasibnya sama kayak aku.

dan lagian, ini jadi tantangan buat aku untuk bisa keluar dengan sukses dari sistem yang keras ini.

gitu deh.

jadi , jangan tanya sama aku kapan aku tamat ya.

aku bakalan tamat kalo aku udah bisa ngambil ilmu yang banyak dari kampusku ini. aku bakal tamat pada saatnya aku udah ngasi peran besar di kampusku ini.

oke.

itu dia tentang kampusku…

welcome to my life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar